Panduan Memilih Investasi


Setiap orang pasti ingin memaksimalkan keuntungan yang diperoleh dari berinvestasi.  Ada beberapa hal yang menjadi panduan untuk memilih investasi, agar tidak salah pilih yang dapat menyebabkan kita rugi.

• Ketahui tingkat resiko yang Anda tanggung.

Untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar, Anda harus siap untuk menanggung resiko yang besar juga. Sebaliknya, semakin rendah resiko yang ditanggung, semakin rendah pula tingkat keuntungan yang dapat diharapkan.

• Ketahui jangka Waktu Investasi Anda

Jangka waktu investasi anda dapat membantu Anda dalam menentukan beberapa besar resiko yang dapat ditanggung. Pada umumnya, orang yang berinvestasi untuk jangka panjang dapat menanggung resiko yang lebih besar. Hal ini disebabkan investasi saham mengalami fluktuasi yang tinggi dari tahun ke tahun.

• Kenalilah diri Anda

Mengetahui jangka waktu investasi anda hanyalah sebagian dari proses untuk memilih investasi yang tepat. Anda juga harus memahami perusahaan anda tentang investasi dan apakah anda merasa tenteram dengan resiko yang dihadapi. Apabila anda berinvestasi langsung dalam bursa saham anda harus dapat menanggung ketidakpastian dan fluktuasi pasar. Semakin panjang jangka waktu anda berinvestasi di saham, semakin besar kemungkinan pasar saham akan memberikan keuntungan yang anda harapkan.

• Pelajari keuangan Anda

Untuk kebanyakan orang, investasi di reksadana hanyalah sebagian dari total asetnya. JIka investasi anda lebih banyak pada deposito berjangka, anda mungkin dapat mengambil resiko lebih besar untuk tingkat keuntungan yang lebih besar pula dari investasi pada reksa dana.

• Evaluasi kinerja investasi Anda

Banyak orang memilih reksadana berdasarkan keuntungan yang tinggi.

• Periksa ulang pilihan investasi Anda

Apa ada tabungan yang seperti ini? Maksudnya jika bunga tinggi ya resiko tinggi dan jika kita ingin menabung sebentar tentunya bunganya sedikit.

Seorang yang menyimpan uang untuk pensiun tentunya akan memiliki perilaku yang berbeda dengan orang yang hendak menyimpan uang untuk keperluan pendidikan misalnya. Tujuan penyimpanan uang biasanya sangat terkait erat dengan jangka waktu penyimpanan dan tingkat resiko yang dapat kita tanggung.

Jika kita menabung tentu kita harus menghitung dengan pasti berapa uang yang hendak kita kumpulkan, berapa lama dan untuk apa. Dengan demikian kita bisa menentukan dengan lebih tepat  jenis tabungan yang dapat kita pilih.

Terutama dalam berinvestasi emas alangkah baiknya baca Cara Cerdas Memiliki Lahan EMAS, strategi berinvestasi EMAS dengan cara yang tidak pernah Anda Pikirkan

Posted on 27 November 2011, in Emas, Investasi and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: