Mau Tau Penyakit dan Hama Musuhnya Jamur


Setiap tumbuhan pasti tidak luput dengan hama yang menghinggap di tubuh dan batang tumbuhan, sehingga akan berakibat penyakit buat tumbuhan itu sendiri yang berakibat fatal yaitu gagal panen. Apalagi Jamur yang hidupnya di daerah lembab yang sangat rentan dengan hama dan penyakit.

Kenali hama dan penyakit yang menimpa jamur anda, sebelum menyebar lebih luas lagi, agar bisa kita antisipasi dan menghindari kegagalan panen.

Ulat (Lycoriella Sp)

Hama satu ini menyerang jamur saat suhu udara sangat lembab, ulat biasanya menyerang saat musim penghujan tiba, sering menyerang baglog yang sudah lama, saat musim kemarau jarang sekali ulat menyerang baglog. Penyebab banyak ulat karena kurang bersihnya kumbung karena disebabkan karena banyak sisa baglog atau tangkai jamur yang berserahkan disekitar kumbung.

Kumbang (Cyllodes bifacies)

Kumbang jenis cyllodes sering merusak jamur dengan cara memakan tubuh buah jamur dan tudung sehingga berakibat tudung menjadi lembek dan berair. Jika terjadi seperti ini tudung akan cepat lepas dalam waktu 2-3 hari dan mengakibatkan gagal panen.

Tungau

Hama jenis tungau ini awalnya hanya menyerang atas baglog atau permukaannya, tetapi lama-kelamaan hama ini masuk ke dalam baglog. Sehingga mengakibatkan baglog menjadi busuk dan berakibat jamur gagal tumbuh.

Pseudomonas tolaasii

Hama ini berbentuk bakteri yang menyerang baglog dengan membuat kerusakan hampir mencapai 20-30%. Hama ini biasanya masuk saat proses sterilisasi yang tidak sempurna.

 Trichoderma

Hama ini banyak menyerang jamur tiram, bakteri jamur ini biasanya berasal dari udara atau dari pekerja yang dapat terjadi pada substrat yang mengalami pasteurisasi berlebihan.

Jangan khawatir, pepatah bilang – setiap penyakit pasti ada obatnya, begitu juga masalah tanaman jamur anda, jika terserang penyakit dan hama di atas, anda bisa baca Jamur anda sakit? Tidak usah bingung!.

Posted on 18 Januari 2012, in Jamur and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: