5 Cara Awal Memulai Diet Untuk Menurunkan Berat Badan


Banyak sekali orang yang ingin sekali menurunkan berat badannya atau paling tidak membuat bentuk tubuhnya menjadi lebih indah, memangkas lemak disana sini, mengecilkan perut buncit dan lain-lain. Hal tersebut membuat industri ini menjadi sangat hot sehingga banyak orang melihatnya sebagai peluang dan berlomba-lomba menawarkan berbagai jenis produk untuk menyelesaikan solusi obesitas ini.

Mulai dari buku-buku dan trend diet terbaru sampai pil atau obat-obatan yang bahkan berani memberikan garansi berat badan akan turun sekian kilogram dalam waktu seminggu saja. Semuanya ini tentunya akan membingunkan konsumen dan akhirnya mereka tidak tahu langkah awal apa yang harus diambil kalau ingin menurunkan berat badan.

  1. Ketahui kondisi Anda saat ini, kegiatan Anda, pola makan Anda, olahraga Anda termasuk apabila Anda tidak pernah berolahraga, ukuran lingkar pinggang Anda, kadar lemak di tubuh Anda, dan berat badan Anda meskipun yang terakhir ini merupakan prioritas terakhir untuk dipertimbangkan, tapi ada baiknya untuk tetap dicatat.
  2. Setelah semua hal di poin nomor 1 Anda catat, langkah berikutnya adalah menentukan target penurunan berat badan. Idealnya adalah 0.5 — 1kg per minggu untuk penurunan berat badan (berat lemak) yang sehat. Totalnya adalah sekitar 2-4kg per bulan, tetapi Anda mungkin akan turun jauh lebih banyak dari angka tersebut kalau berat awal Anda cukup tinggi.
  3. Jauhi semua trend diet yang ada, semua itu kebanyakan adalah usaha marketing saja. Mulailah belajar apa itu karbohidrat yang baik, protein yang baik dan lemak yang baik. Tubuh Anda membutuhkan semuanya. Jangan percaya kalau ada orang yang mengatakan Anda tidak membutuhkan lemak ketika sedang melakukan diet penurunan berat badan. Apa saja karbohidrat, protein dan lemak yang lain.
  4. Jangan membeli pil-pil suplemen penurun berat badan yang menjanjikan akan menurunkan berat badan Anda sekian kilo apalagi menggunakan kata-kata ‘DIJAMIN’ atau ‘GARANSI’. Karena tubuh Anda tergantung usaha Anda, tidak bisa dijamin oleh siapapun juga. Penggunaan pil-pil penurun berat badan juga hanya akan memberikan Anda harapan palsu di tahap awal ini. Sama seperti ketika Anda baru belajar mengemudikan mobil, baru berpikir mana gas dan mana rem, tetapi tahu-tahu Anda diberi sebuah mobil balap. Yang akan terjadi adalah Anda tidak akan bisa mengemudikannya dengan benar, menabrak kesana kemari dan akhirnya kembali putus asa. Nanti ada saatnya ketika Anda sudah jago mengemudikan tubuh Anda, maka Anda boleh menggunakan suplemen penurun berat badan (tetap tanpa tulisan ‘Dijamin’). Satu-satunya yang mungkin Anda perlukan adalah susu whey protein karena gunanya hanyalah melengkapi kebutuhan protein Anda.
  5. Biasanya pada tahap awal ini, Anda belum pernah berolahraga sama sekali. Alangkah baiknya kalau Anda bisa pergi ke sebuah tempat fitness, dan mulai belajar berolahraga dengan benar disana. Tetapi kalau saat ini hal tersebut tidak bisa Anda lakukan, maka olahraga paling murah adalah mulailah melakukan jogging/jalan cepat di sekeliling rumah Anda. Tidak terlalu lambat tetapi cukup cepat dan Anda cukup mendekati ngos-ngos’an tetapi masih sanggup berbicara lancar. Lakukan hal ini 20 menit saja tetapi rutin. Kalau Anda belum bisa 20 menit, mulailah bertahap dari 5-10 menit, istirahat, dan lakukan 5-10 menit lagi dengan total 20 menit sehari. Lakukan hal ini rutin 3-5x seminggu dan diakhir minggu kedua, Anda akan mendapati stamina dan kebugaran tubuh Anda mulai meningkat.
Itulah 5 cara awal yang sangat penting tetapi seringkali diabaikan oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Biasanya kebanyakan orang suka mencari sesuatu yang instant dan kelima hal diatas ini menurut mereka tidak penting. Tetapi bagi mereka yang berhasil menurunkan berat badannya, biasanya mereka akan melakukan kelima hal ini dengan baik dan berhati-hati.

sumber :
Denny Santoso, S. Kom, SAC, Dip. CBA, CSN, Cht.
http://duniafitnes.com

Posted on 25 Januari 2012, in Kesehatan and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: