Cara Mudah Mengecek Keaslian No BPOM Suatu Produk


Selama ini sudah banyak kasus pelanggaran yang kita dengar seputar makanan, minuman, obat-obatan dan lain sebagainya. Pelanggaran terhadap peredaran obat dan makanan di Indonesia sekarang ini boleh dibilang makin marak. Seperti hebohnya kasus formalin dan boraks, kisruh obat anti nyamuk, ribut minuman isotonik, kosmetika palsu, kini santer pemberitaan tentang peredaran obat (juga jamu) palsu.

Berbagai kasus di atas itu mengindikasikan bahwa ada yang salah dengan sistem pengawasan obat dan makanan di negeri ini. Hal itu ironis mengingat konsumsi masyarakat terhadap produk obat, makanan, kosmetika, alat kesehatan, dan obat asli Indonesia cenderung meningkat.

Sayangnya, konsumen tidak memiliki pengetahuan yang memadai tentang produk yang dikonsumsinya itu, apakah sudah tepat, benar, dan aman. Karena itu, Indonesia memerlukan sistem pengawasan obat dan makanan yang efektif dan mampu mendeteksi, mencegah serta mengawasi produk-produk guna melindungi keamanan, keselamatan, dan kesehatan konsumen.

Pemerintah melalui Keppres Nomor 166 Tahun 2000 dan Nomor 103 Tahun 2001 membentuk Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), yang bertugas, antara lain memberi izin dan mengawasi peredaran obat serta pengawasan industri farmasi.

Karena Sejauh ini pendaftaran makanan dan minuman untuk seluruh wilayah Indonesia ditangani langsung oleh Direktorat Penilaian Keamanan Pangan Badan POM.

Agar kita terhindar dari hal-hal di atas, alangkah baiknya kita harus mengetahui cara untuk mengecek apakah produk yang kita beli benar-benar telah terdaftar di BPOM atau tidak?.

Sangat mudah sekali untuk mengeceknya, cukup ikuti langkah-langkah berikut :

  • Akan muncul list produk yang sudah teregistrasi dari 7 hari terakhir sampai tahun 2005. tinggal di pilih tahunnya misal :  kita pilih “tahun 2011  kategori obat tradisional”.

  • Setelah di klik kategori obat tradisional di tahun 2011, maka akan muncul list daftar obat tradisional yang jumlahnya ribuan. Jangan pusing duluan, ada cara mudahnya. Di pojok kanan atas ada link “cari obat tradisional”  yang berfungsi untuk mencari dengan nama atau dengan nomer registrasi

  • Misal no registrasi POM TR042632231, jika nomor tersebut telah terdaftar di BPOM, maka akan keluar hasil pencarian sebagai berikut :

  • Hasil pencarian produk sebagai berikut:

Catatan :

  1. Dalam pencarian Kode Registrasi BPOM tidak memakai tanda titik dua (:)
  2. Yang dimasukan dalam kolom cari hanya Kodenya saja

Nomor Registrasi BPOM
Nomor yang diterbitkan oleh Badan POM memiliki arti khusus

TR = Obat tradisional produksi dalam negeri
TI = Obat tradisional Import
SD = Suplemen produksi dalam negeri
SI = Suplemen Impor
MD = Makanan produksi dalam negeri
ML = Makanan impor
CD = kosmetik dalam negeri
CL = kosmetik impor
CA = kosmetik dengan tanda notifikasi
Semoga Bermanfaat.

Terimakasih telah berkunjung di blog saya. Silahkan tinggalkan pesan anda pada kolom komentar di bawah. 

Posted on 10 Februari 2012, in Berita and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. oke bro makasih ya atas informasi nya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: